Rabu, 24 Februari 2016

PERJUANGAN BANTARAKU (Ika Anggraeni)



SEKOLAH KU KENANGAN PERJUANGAN BANTARAKU

Bantara perjuangan yang tak pernah aku lupakan. Dan menjadi pembelajaran tersendiri bagi ku.








By:ika anggraini
      Aku rara aku duduk di bangku sma.aku terlahir dari keluarga kurang mampu.ayahku seorang buruh serabutan,ibu ku ibu rumah tangga yang sakit sakitan.setiap hari aku kesekolah menggunakan angkutan umum,tak jarang aku merasa iri dengan teman-teman ku yang kesekolah diantar orang tuanya.bahkan sudah di izinkan menggunakan kendaraan sendiri.namun aku sadar aku tidak boleh mempunyai pikiran seperti itu. Aku harus selalu bersyukur atas apa yang sudah diberikan tuhan kepada ku.tuhan sudah banyak menolang ku salah satunya aku bias mengenyam bangku sekolah seperti saat ini.aku mendapat beasiswa hingga aku lulus sma.
     Hari jumat adalah hari yang aku tunggu- tunggu karena hari itu adalah hari dimana sekolahku mengadakan kegiatan exstra  pramuka .namun sangat berbeda dengan teman-teman ku yang lain mereka sanggat membenci hari jumat karena menurut mereka hari jumat  adalah hari dimana mereka akan menerima bentak-bentaan dari kakak DA,dan hari jumat hari yang melelahkan bagi mereka.
 Jam menunjukkan pukul 14.00
 Siapppp…..
Suara kakak ambalan terdengar sanggat keras dan itu artinya aku beserta teman-teman ku harus segera lari kelapangan sebelum kata grak di ucapan.jika terlambat sedikit saja maka akan di kenakan sanksi.karena itu merupakan pembelajaran kedisiplian untuk kita.selain kedisiplinan dalam pramuka juga di ajarkan keberanian,cinta alam,dan juga kebersihan serta kerapian.sebelum pramuka dimulai biasanya kakak ambalan selalu mengintruksikan kita untuk cek kerapian,dan apabila ada yang tidak rapi atau tidak lengkap atribut maka akan di bariskan tersendiri di belakang dan akan mendapatkan sanksi.untungnya aku tidak pernah melakukan kesalahan.jadi tidak pernah mendapat sanksi.setelah cek kerapian kakak ambalan memberikan informasi kepada kita bahwa mulai minggu depan akan diadakan ujian sku dan semua anggota harus mampu menyelesaikan ujian itu selama enam bulan dan apabila lebih dari enam bulan maka dinyatakan tidak lolos.
 “Intruksi kak…”
“Iya kamu sebutkan nama dan regu ..”
“Terimakasih kak,nama saya rara dari regu kamboja  disini saya mau bertanya “apakah ujian sku ini boleh dilaksanakan ketika jam istirahat  jadi tidak pada waktu pramuka.
“baik rara bagus sekali pertanyaanya ,boleh rara jadi tidak harus pada saat pramuka pada jam-jam kosong pun boleh asalkan kakak ambalan pas tidak ada kegiatan..ada lagi..kalau sudah tidak ada maka pramuka kali ini kita cukupkan sanpai disini
Ye…yee… teriak teman-teman
Jam menunjukkan pukul 16.30 aku segera mengambil tas,namun bukan untuk pulang biasanya aku setelah selesai pramuka menyempatkan waktu untuk ke mushola dulu untuk melaksanakan sholat asar karena jika tidak maka aku akan tertinggal waktu asar.setelah selesai sholat asar aku bergegas kejalan untuk menunggu angkot. Namun sudah pukul lima angkot belum juga datang.langit mulai mendung petir mulai terdengar dan tiupan angin yang lumayan kuat. Aku mulai gelisah,setelah hampir setengah enam aku memutuskan untuk jalan kaki walaupun jarak sekolah kerumah ku cukup jauh yaitu 12 km.namun mau bagaimana lagi jika aku tidak nekat maka aku tidak akan pulang-pulang.ditengah perjalanan hujan turun sangat deras aku mulai menggigil namun aku tetap melanjutkan perjalanan.
“dek kok jalan”
Aku kaget,dan ternyata itu mas teguh kakak tingkat ku yang baru pulang dari ngajar pramuka di sd
“iya mas tadi aku nunggu angkot tapi tidak ada angkot lewat dan akhirnya aku jalan kaki”
“ya ampun kalau gitu ayo mas teguh anterin”
“gak usah mas nanti ngerepotin apalagi rumah mas sama aku kan jauh lebih baik aku jalan kaki saja
“gak papa dek ayo
Akhirnya aku pun mau di antar  mas teguh.
“sudah mas sampai sini saja”
“Gak papa sampai sini”
“gak papa mast oh rumah ku udah dekat.oh yam as makasih ya udah mau nganterin aku”
Iya dek sama-sama
Aku pun melanjutkan perjalananku dan sampai dirumah pukul 18.15
      “Tok..tok..tok..assalamualaikum mak… emak.. aku pulang mak..”
“ya ampun ra kok sampai malam kemana?..tanya emak
    “aku tadi ada kegiatan pramuka sampai sore mak”
    “Ya udah sekarang kamu keringin badan mu emak bikini the anget dulu..”
“Iya mak” jawab rara
Setelah selesai mengeringkan badan aku kedepan dan meminum teh buatan emak,sambil berbincang-bincang dengan emak
“nak tadi kamu kok sampai malam”Tanya emak
“iya mak tadi setelah pramuka aku nunggu angkot tapi tidak ada angkot lewat ya udah aku jalan kaki mak” jawab rara
“kenapa kamu gak bilang mas pramono kan bisa jemput kamu”
“Maaf mak tadi hp rara mati ”
“Yaudah sekarang kamu istirahat besok kan kamu sekolah”
“iya mak,emak juga istirahat.oiya mak bapak kemana?
“Bapak mu ketempat bude mu”
Aku pun segera masuk ke kamar dan menata jadwal pelajaran untuk besok
“astaga….
Aku baru ingat kalau besok ada ujian matematika akupun belajar walau hanya sedikit.
Tak terasa waktu mulai larut akupun beristirahat.
Kukuruyukkk….kukuruyuk…..
Hari sudah pagi aku bergegas mandi dan sholat setelah itu aku nyuci piring,nyuci baju,nyapu dan segera bersiap untuk sekolah.
 Teng..teng..teng…
Jam masuk sekolah berbunyi aku segera masuk dan bersiap untuk mengerjakan ujian matematika.
“alhamdulilah yang aku pelajari semalam keluar gumam ku dalam hati”
Teng..teng… jam istirahat berbunyi
Aku mencoba mengajak temanku untuk ujian sku,namun tidak ada satupun yang mau katanya besok saja.yaudah akhirnya aku ujian sku sendiri walaupun aku agak takut dan malu tetapi.aku selalu menyemangati diriku sendiri karena pramuka itu tidak kenal rasa takut pramuka adalah orang yang berani.
“permisi kak
“iya dek ada apa” Tanya salah satu kakak
“saya mau mencari kak bangkit. Saya mau ujian sku”
“oh.. kak bangkitnya baru keluar bentar lagi jiga datang”
Tak lama kemudian kak bangkit pun datang
“ket ket di cari tuh “
 “siapa?
“itu katanya mau ujian sku sama kamu”
“iya kak aku mau ujian sku”
“yaudah ayo ikut kakak “..silahkan laporan nama dan regu
“lapor nama saya rara dari regu kamboja siap mengikuti ujian dasadarma dari kakak
“laporan saya terima sekarang sebutka isi dari dasadarma”
Teng…teng… jam masuk pun berbunyi
Untungnya aku sudah selesai ujian
“baik sekarang kamu laporan dan segera ke kelas
“baik kak.lapor saya telah selesai melaksanakan ujian sku laporan selesai
“laporan saya terima silahkan kembali kekelas dan ini sku kamu sudah kakak tandatangani
“makasih kak…”
Aku pun segera kembali kekelas dan mengikuti pelajaran selanjutnya.
Jam pulang pun tiba aku dan teman-teman bergegas pulang seperti biasa aku harus menunggu angkot terlebih dahulu dan tak lama kemudian angkotpun lewat dan aku segera pulang.sesampainya dirumah aku terkejut karena di rumah sudah ada motor walaupun itu hanya montor buntut yang asapnya banyak dan suaranya membuat bising.
“emak…emak…”
“apa ra “
“Mak ini motor siapa mak”
“itu punya pakde mu ibu belikan itu untuk mu sekolah ra.ya…walaupun itu Cuma kridit
“ya ampun mak emak gak usah repot-repot mak lagian rara belum begitu perlu mak rarakan bisa jalan mak.rara masih kuat.”
Akupun menangis dan memeluk emak
“makasih ya mak “
Akupun segera ganti baju, sholat dan segera mengambil bahan-bahan untuk aku buat bros. biasanya aku membuat bros dari kain flannel dan nantinya aku jual di sekolah.
     Tak terasa hari berlalu begitu cepat dan sekarang sudah waktunya menyelesaikan ujian sku aku masih kurang dua lagi yang belum aku selesaikan. Untung saja hari ini guru-guru pada rapat dan jam kosong aku manfaatkan untuk menyelesaikan sku .dan akhirnya aku pun sudah selesai ujian sku tinggal menunggu pelantikan.
Hari jumat pun tiba dan saatnya kegiatan pramuka yang trakhir
“sore adek-adek ‘
“sore jawab anggota pramuka dengan suara lemas
“Kak david pun mengulangi sapaanya dengan suara yang lebih keras
“siapa disini yang ujian skunya sudah selesai tunjuk jari dan menempatkan diri di samping kanan”kata kak david
Dan ternyata yang sudah selesai Cuma 11 orang termasuk aku
“hari ini hari terakhir kalian ujian sku jadi bagi yang belum selesai harap menghubungi kakak “pahamm….
“siap paham…”
Akhirnya semua anggota pramuka pun selesai ujian sku dan ini saat yang di tunggu tunggu yaitu bantara sekaligus pelantikan. Kami semua akan mengikuti bantara di res area hutan bunder. Disana kami di uji fisik maupun mental kami.yang sebelumya ujian materi yaitu sku yang sudah bisa kami selesaikan.kamipun segera di tes fisik kami di suruh lari lapanganlima kali.naik turun bukit,dan juga susur sungai.setelah tes fisik kami semua diberi waktu untuk mandi dan memasak untuk makam malam.setelah kami selesai makan kami sholat berjamaah dan di intruksikan untuk beristirahat.
Prit…prit…prit..pritttt
Aku dan teman-teman terbangun di tengah lapang sudah ada kakak da yang berteriak teriak dan menyuruh kita untuk segera lari kelapangan.kami pun segera lari kelapangan tepat pukul 00.00 wib kami di intruksikan lagi untuk berjalan dengan mata tertutup. Suasana hening mulai terasa bau menyan mulai tercium setelah sampai di tempatnya. Penutup mata kami dibuka. Dan ternyatakami sudah berada di kuburan.banyak teman-teman ku yang menjerit.ini adalah salah satu ujian mental. Di kuburan ini kami di suruh mengambil nama kami namun ternyata nama itu hanya jebakan tak ada satu kertas nama pun yang cocok dengan nama kita.
“Ah…ah…tolong….tolong…”
Tiba-tiba terdengar suara orang minta tolong dan ternyata itu tia teman aku dia terjatuh dari dari atas batu dan kami pun segera membawanya kerumah sakit.karena ada insiden itu bantara pun di pending dan langsung diadakan pelantikan.dan akhirnya kamipun resmi menjadi bantara…sorak sorai teman-teman pun terpancar senyum kebahagiananpun muncul.namun di sisi lain kami juga sedih karena teman kami harus menelan pahit ia harus di operasi karena mengalami patah tulang dan semoga bantara selanjutnya tidak akan terulang lagi kejadiaan seperti ini.dan semoga kita selalu mencintai pramuka walaupumn penuh tantangan,perjuangan ,dan pastinya melelahkan,tetapi walaupun melelahkan kalau kita lakukan dengan iklas bakti lelah tidak akan terasa lelah.







    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar