Minggu, 19 Oktober 2014

Jadi Pemuda Bela Negara Melalui Pramuka

Jadi Pemuda Bela Negara Melalui Pramuka

pram 1Selasa, 6 mei 2014, di ruang serbaguna Gedung Pascasarjana UPN Veteran Jawa Timur, diadakan Seminar Nasional Belanegara. Seminar yang diadakan oleh UKM Pramuka Racana Panglima Sudirman dan RA. Kartini itu bertema ‘Aktualisasi Diri Menjadi Pemuda Berwawasan Belanegara Melalui Pramuka’.

Seminar tersebut dihadiri oleh siswa SMA, Mahasiswa, UKM Pramuka (UPN Jawa Timur), DKD (Dewan Kerja Daerah), dan DKC (Dewan Kerja Cabang) dari berbagai macam kota di Jawa timur, seperti Pasuruan, Sidoarjo, Madura, dan Surabaya. Ada dua pembicara yang menyampaikan materi dalam seminar ini, yaitu staff ahli Menteri Pertahanan Eris Heriyanto, SIP, MA, Ketua P3AI UPN “Veteran” Jawa Timur.
Eris Heriyanto, SIP, MA, dihadapan para wartawan memuji topik yang diangkat dalam seminar ini. Menurutnya seminar ini berguna memperkokoh semangat belanegara generasi muda terutama saat terjun di masyarakat. Disamping itu dia juga memuji UPN yang konsisten membentuk karakter belanegara mahasiswanya. “UPN sangat konsisten dalam membentuk karakter mahasiswanya, karakter belanegara bukan hanya milik tentara tapi juga milik mahasiswa,” kata Eris.
Rektor UPN Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto menyatakan, UPN selalu mengaktifkan kegiatan UKM yang diprioritaskan untuk pembentukan karakter. Dia juga menghimbau agar pramuka dapat dikenal lebih baik oleh masyarakat khususnya dalam bidang pembentukan karakter. “UKM ini sudah dikenal ditingkat kota dan provinsi dengan sangat baik sehingga diharapkan kader UKM pramuka dapat membagi ilmu kepada anggotanya agar menjadi kokoh,” tegasnya.
pramAcara dilaksanakan di gedung pascasarjana UPN jawa timur di lantai 3 pukul 09.00-15.00. Ketua Kerja seminar, Ramadhan, menyatakan bahwa pendidikan belanegara adalah bentuk kegiatan yang positif bagi mahasiswa UPN. “Sehingga UPN dapat lebih dikenal dalam hal pendidikan belanegara di dalam maupun diluar kampus,” tegas mahasiswa fakultas teknik tersebut.
Sebelum seminar dimulai, dilakukan penanaman pohon cermai-murai oleh Eris Heriyanto, SIP, MA dengan rektor UPN “Veteran” Jawa Timur, Prof. Dr. Ir. Teguh Soedarto, MP. Penanaman dilakukan di halaman depan gedung pascasarjana.(bma/med)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar